Mengenal File Apk Android

Seperti biasanya, di awal sebuah postingan, aku selalu membuka dengan kata kata “Dipostingan Kali ini ” akan memperlihatkan sedikit pengetahuan seputar Android yang supaya saja menambah wawasan sobat,
pengetahuan ini aku dapatkan dari aneka macam sumber tetapi aku kreasikan sendiri dengan menambah dan menghapus sedikit hal-hal yang mungkin tidak menyangkut hubungannya. Sobat sudah siap!. Sudah?, Ayo Kita mulai.
Apa Itu APK?

Android Package atau yang disingkat dengan APK ialah sebuah paket aplikasi pada Android. Sesuai dengan kepanjangannya yaitu “Android Package” yang artinya  “Paket Android”, coba kita lihat kenapa sanggup disebut paket, kenapa bukan file?. Tapi sebelum itu kita bahas dulu yang mudah-mudah. Jika kita kaitkan dengan lainnya, File APK itu menyerupai dengan file Zip kalau teman tidak percaya coba saja ekstrak file apk dengan winrar, atau root explorer asal jangan sama Dora The Explorer :D.

Jika pada file Zip terdapat istilah Compress dan ekstrak, maka ada istilah yang sama juga di file Apk yaitu Compile dan Decompile tapi kita tidak membahas ini alasannya menyangkut pemrograman, dan aku sendiri juga gres mencar ilmu J.

Beberapa hal niscaya muncul dalam pikiran teman ketika aku menyebutkan bahwa file APK itu menyerupai dengan ZIP, “apa kita sanggup dengan sangat mudahnya mengedit sebuah aplikasi hanya dengan mengekstrak saja” dan jawabannya tidak. Tapi jikalau teman sudah menguasai beberapa ilmunya itu sangat gampang bagi sobat.

Dari Mana Kita Mendapatkan File APK?

Saat teman mendownload sebuah aplikasi di Play Store maka teman tidak akan tau dimana file apk nya?, pertanyaan ini muncul ketika aku mengenal file apk kemudian aku gundah ketika mendownload aplikasi lewat playstore, dimana file apknya?, alasannya tanpa apk kita tidak sanggup mengirimkan aplikasi. Nah sejumlah aplikasi mungkin sanggup membantu sobat, selain itu teman juga sanggup menemukannya didirektori data/app. Kenal lebih jauh yuk.

Structure file APK

Kembali lagi ke file zip, pada file zip niscaya terdapat sebuah file. Nah sama menyerupai file apk, file ini mempunyai sebuah file yang menjadi sebuah fondasi dalam sebuah apk. Beberapa structurenya antara lain:

1. Android Manifest.xml : Di file xml ini terdapat sebuah deskripsi dari aneka macam perintah dan info file lainnya. Maksud lebih jelasnya ini sebagai sebuah pemerintahaan dalam sebuah Negara.

2. Build.xml : Ini ialah sebuah script ant yang tugasnya mengcompile dan menginstalnya dalam device sobat.

3. Bin/ : Disini terdapat hasil apk sobat

4. Res/ : Disinilah letak aneka macam sumber komponen, menyerupai GUI, User Interface, Layout, string gambar dan lain-lain, sanggup dibilang ini salah satu yang terpenting juga dalam sebuah aplikasi.

5. src/ : Inilah daerah Activity, direktori inilah yang menjadi sumber class Activity. Ibaratnya Class Activity itu menjadi sebuah aktivitas. Misalnya dikala kita menekan sebuah tombol, maka jaringan data akan aktif.

6. Assets/: Memuat file static yang dikemas dalam aplikasi untuk device.

Sekian postingan dari Master Android supaya bermanfaat untuk sobat. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar, tapi berkomentarlah yang sopan. Bye...

Subscribe to receive free email updates: