Tips Menjaga Performa Android Tetap Stabil

Hallo sahabat Androiders, Pada postingan kali ini Sobat Android, Master Android akan menawarkan sedikit tips unik yang biar sangat bermanfaat khususnya untuk sahabat - sahabat Androiders.
Kelambatan performa atau yang biasa kita sebut dengan lemot memang sangat menjengkelkan alagi saat kita sedang mempunyai sebuah kepentingan tersendiri kemudian kelemotan yang sangat luar biasa itu rasanya pengen ngebanting aja tuh hp sambil komat kamit gak jelas, hehehe, tapi damai sob, aku mau share - share bagaimana cara mengatasi itu semua, menurut pengalaman yang telah aku dapatkan selama 3 tahun ini aku akan berbagi, tentunya ini sangat ampuh, aku jamin, tapi kalau sahabat Androiders mengikutinya.

Sebelum kita masuk kepermasalahan utama mengapa performa Android yang kita rasakan tidak stabil, ada beberapa hal yang harus sahabat pahami, saat kita mempunyai sebuah perangkat entah itu komputer, ponsel atau apapun itu, kita selain merawat berupa fisik, kita juga diharuskan mengontrol penggunaan alasannya ialah berbagai dari sahabat - sahabat Androiders yang hanya merawat fisiknya saja tapi tidak dirawat dalamnya, menyerupai hati kalau gak dijaga gimana balasannya hayo?, hehehe...

Lalu, apa maksud dari menjaga di dalamnya?, aku berikan citra dulu, contohnya kita mempunyai banyak berkas berkas penting yang tertumpuk menjadi satu bahkan dalam tumpukan tersebut tercampur dengan kertas atau dokumen yang penting, mudahkan kita mencarinya? tentu tidakkan? nah sama halnya dengan Android yang kita miliki, sebagus apapun spesifikasinya niscaya mempunyai batas maksimalnya. Kalau begitu nah disinilah aku akan memberikannya tipsnya bagaimana aga menjaganya gar tetap stabil, mirip gambar diatas.

Hapus Cache
Bukan hanya pada komputer, kita juga perlu dan sering menghapus cache yang bahwasanya tidak penting walaupun disisi lain data cache itu ada kelebihannya, tapi kita harus rajin menghapus ini supaya gak lola, cara menghapusnya, masuk ke recovery mode ( cara masuk recovery mode ) pilih "wipe cache partition"., inget ya wipe cache bukan wipe data
cara lainnya, masuk semua pengaturan aplikasi, contohnya pada aplikasi maps dibawah ini...

Lalu pilih hapus memori, alasannya ialah itu ialah cache dari aplikasi Maps, pastikan semua aplikasi dihapus cachenya dan inget juga bukan hapus data ya

Hapus Folder yang tidak berguna
Mungkin beberapa sahabat Androiders ada yang mengalami ini, yaitu mempunyai folder yang tidak terperinci isinya, nah kalau memang sahabat tidak tau dan tidak bekerjasama dengan aplikasi hapus saja, tapi ingat jangan hapus data " .android_secure dan Android " alasannya ialah itu data aplikasi sobat, beberapa file/ folder yang harus rutin sahabat hapus ialah "DiskCacheIndex, LOST.DIR" dan folder - folder yang tidak terperinci dari mana asalnya. Oh iya jangan lupa untuk masuk kepengaturan untuk menampilkan file/ folder yang hiden, alasannya ialah folder yang mempunyai awalan dot itu ialah folder hiden.

Hapus ".thumbnails"
Coba masuk ke folder DCIM, kemudian disitu ada folder .thumbnails kemudian hapus, alasannya ialah isi dari folder tersebut ialah copy -an dari data - data gambar sahabat yang mempunyai ukuran resolusi yang kecil, jadi gak penting kan?, hapus saja, dan bukan hanya disitu saja, periksa seluruh folder dalam SD Card sahabat alasannya ialah banyak folder mirip ini tersembnyi. Jangan lupa untuk menceklis pengaturan Hiden.

Hapus aplikasi, file yang sudah tidak diharapkan lagi
Nah ini juga yang harus sahabat perhatikan, minimalnya memory jangan hingga penuh, alasannya ialah itu akan memperlambat performa, gak percaya?, coba saja bandingkan antara HH yang memorynya penuh dengan yang isinya tidak mengecewakan kosong, sangat berbeda jauh kan?

Buat tampilan home sesederhana mungkin


Live Walpaper memang cukup menarik tapi itu ialah salah satu penyebab android super lemot bahkan boros baterai, ada baiknya sahabat menciptakan tampilan tampilan home sesederhana mungkin tapi elegan artinya tidak rame - rame amat tapi nyaman untuk dilihat, dan diusahakan juga untuk memakai widget - widget yang tidak penting. Dan kalaupun ingin memakai Launcher, gunakan yang ringan - ringan saja.

Nah mungkin itu saja yang sanggup aku sampaikan, saran saya, Sobat Androiders harus rajin - rajinnya memantau memory entah itu internal ataupun external minimal seminggu sekali, alasannya ialah berbagai folder - folder sampah yang tanpa kita sadari muncul begitu saja.Sekian dari postingan Sobat Android, Master Android, biar senantiasa bermanfaat. jangan lupa untuk tetap terus bersama kami, follow blog kami disini sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Subscribe to receive free email updates: